ANALYZE LEARNER – MENGANALIS PESERTA DIDIK
Langkah pertama dalam pembelajaran adalah mengidentifikasi dan menganalisis
karakteristik peserta didik supaya pembelajaran lebih sistematis dan terarah.
Cara mengidentifikasi peserta didik meliputi: (1)kemampuan umum, meliputi usia,
jenis kelamin, kebudayaan dan latar belakang social dan kebudayaan,
(2)mendiagnosis kemampuan awal peserta didik, bisa melalui pre-test atau
placement test, (3)lerning style, lebih merujuk ke sifat peserta didik,
persepsi peserta didik dalam belajar, tingkat emosi serta responnya terhadap
lingkungan.
STATE STANDARD AND OBJECTIVES – MENETAPKAN TUJUAN
PEMBELAJARAN
langkah selanjutnya adalah menentukan beberapa standar dan tujuan belajar
secara khusus. Hal ini penting untuk memulai dengan kurikulum dan teknologi
yang cocok bagi siswa.Dalam mementukan tujuan belajar harus melihat peserta
didik untuk siapa tujuan ini dimaksudkan perilaku yang harus didemonstrasikan
kondisi di mana perilaku atau kinerja akan diamati dan sejauh mana pengetahuan
baru atau keterampilan harus dikuasai. Untuk teks ini, kondisi akan mencakup
penggunaan teknologi dan media untuk menilai pencapaian standar atau tujuan
pembelajaran.Dalam menentukan tujuan pembelajaran harus memperhatikan :
1. Audience, pembelajaran berfokus pada bagaimana siswa memahami dan mengerti
setelah pembelajaran disampaikan oleh guru.
2. Behavior, kebiasaan dan perilaku siswa dalam pembelajaran.
3. Condition, dalam pembelajaran seharusnya memperhatikan kondisi pembelajaran
agar dapat mendukung proses pembelajaran.
4. Degree, persyaratan terakhir untuk menjadi sebuah proses belajar mengajar
yang baik adalahmenentukan kriteria untuk siapa materi pembelajaran itu dan
bagaimana menyesuaikan dengan memperhatikan tingkatannya.
SELECT STRATEGIES, TECHNOLOGY, MEDIA, MATERIALS – MEMILIH
STRATEGI, TEKNOLOGI, MEDIA DAN MATERI.
langkah berikutnya dalam menciptakan pelajaran yang efektif yang mendukung
pembelajaran melalui penggunaan teknologi yang tepat dan media adalah pemilihan
sistimatis dari strategi pembelajaran, teknologi dan media, dan bahan
pelajaran.
1. Memilih stategi, apakaah akan menggunakan teacher centered atau student
centered learning.
2. Memilih teknologi dan Media, memilih media yang sesuai dan teknologi yang
sesuai dengan karakteristik pembelajar.
3. Memilih, memodifikasi atau mendesain meterial, langkah-langkahnya sebagai
berikut :memilih material (bahan belajar) yang ada , memodifikasi bahan belajar
yang ada, dan mendesain materi yang baru.
UTILIZE TECHNOLOGY, MEDIA AND MATERIALS – MEMANFAATKAN
TEKNOLOGI, MEDIA DAN BAHAN AJAR
langkah perencanaan melibatkan peran guru untuk memanfaatkan teknologi, media,
dan bahan Untuk menentukannya gunakkan rumus 5P yaitu Preview the materials
(kaji bahan ajar), Prepare the materials (siapkan bahan ajar), Prepare
Environment (siapkan lingkungan), Prepare the learners (siapkan pebelajar),
Provide the learning experience (tentukan pengalaman belajar).
REQUIRE LEARNER PARTICIPATION – PARTISIPASI PESERTA DIDIK
seperti yang diramalkan oleh Bloom, Engelhart, Furst, Hill, dan Krathwohl
(1956) lebih dari 50 tahun yang lalu, ekonomi global saat ini akan membutuhkan
siswa untuk memiliki pengalaman dan praktek penerapan, analisis, sintesa, dan
evaluasi bukan hanya mengetahui dan memahami informasi. Ini mengikuti dengan pandangan
konstruktivis bahwa belajar adalah proses manual yang aktif dibangun atas dasar
pengalaman otentik yang relevan untuk para siswa menerima umpan balik
informatif, respon yang memungkinkan mereka tahu sejauh mana mereka mencapai
tujuan dan bagaimana meningkatkan kinerja mereka.
EVALUATE AND REVISE – PENILAIAN DAN ARAHAN LANJUTAN
komponen akhir dari model menjamin untuk pelajaran yang efektif adalah
mengevaluasi dan merevisi. Evaluasi dan revisi yang penting bagi pengembangan
kualitas pembelajaran, namun ini komponen desain pelajaran ini sering
diabaikan. Dalam evaluasi harus memperhatikan :
1.penilaian prestasi pelajar.
2.mengevaluasi dan merevisi strategi, teknologi, dan media(maialicious).
Penerapan ke Dalam Media Pembelajaran
ANALYZE LEARNER –
MENGANALIS PESERTA DIDIK
Kelas : 5 SD
(kurang lebih 11 tahun)
Kemampuan yang sudah dimiliki: Anak sebelumnya sudah bisa melafalkan dan
mengetahui arti dari bermacam-macam vocabulary dengan tema tertentu.
STATE STANDARD AND
OBJECTIVES – MENETAPKAN TUJUAN PEMBELAJARAN
Tujuan pembelajaran : siswa mampu memahami dan bisa mengucapkan vocabulary
dengan tema tertentu menggunakan pengejeaan yang benar.
SELECT STRATEGIES,
TECHNOLOGY, MEDIA, MATERIALS – MEMILIH STRATEGI, TEKNOLOGI, MEDIA DAN MATERI.
1. Strategi : Student Centered Learning
2. Media
pembelajaran : Classroom, Technologi : video
3. Materi : video
yang berisi gambar dan vocabulary.
UTILIZE
TECHNOLOGY, MEDIA AND MATERIALS – MEMANFAATKAN TEKNOLOGI, MEDIA DAN BAHAN AJAR
Siswa-siswa tersebut sebelumnya sudah bisa melafalkan dan mengetahui arti
dari bermacam-macam vocabulary dengan tema tertentu.
Bahan yang akan kami pakai untuk mengajarkan media pembelajaran ini adalah
video,gambar-gambar2,materi vocabulary sesuai dengan tema yang akan kami
ajarkan.
Di sekolah yang kami kunjungi, sudah terdapat LCD sehingga itu dapat
mempermudah kami untuk menampilkan media pembelajaran yang akan kami ajarkan.
REQUIRE LEARNER
PARTICIPATION – PARTISIPASI PESERTA DIDIK
Peserta didik diharapkan memberikan
respon yang baik terhadap media pembelajaran ini, karena media pembelajaran ini
akan membantu mereka dalam memperkaya vocabulary, baik mengetahui cara
pengucapan dan juga mengetahui artinya. Daya imajinasi merekapun lebih
berkembang dibandingkan jika kita tidak menggunakan media sama sekali. Mereka
akan merasa pembelajaran semakin menyenangkan dan tidak membosankan.
EVALUATE AND
REVISE – PENILAIAN DAN ARAHAN LANJUTAN
Evaluasi dilakukan dengan cara
memberikan latihan soal sederhana, mencocokan bersama sehingga mereka
mengetahui dimana letak kesalahan mereka, dan kemudian diberikan nilai
berdasarkan hasil jawaban dari soal latihan sederhana yang mereka kerjakan.